Dewan Sulsel Usul Vaksin Covid-19 Diutamakan Untuk Tenaga Kesehatan

Anggota Komisi E Bidang Kesra DPRD Sulsel, Mangunsidi Massarapi.

Anggota Komisi E Bidang Kesra DPRD Sulsel, Mangunsidi Massarapi.

MAKASSAR,DJOURNALIST.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Selatan mengusulkan vaksin Covid-19 yang akan dimulai pada tanggal 13 pekan depan diutamakan untuk tenaga kesehatan.

“Sebaiknya tenaga kesehatan yang lebih dulu di vaksin,’kata anggota Komisi E DPRD Sulawesi Selatan, Mangunsidi Massarapi, Rabu 6 Januari 2021.

Pasalnya kata dia, tenaga kesehatan merupakan garda terdepan bila masyarakat terkonfirmasi Covid-19. Termasuk petugas gugus Covid-19.

“Coba bayangkan kalau tenaga kesehatan terpapar semuanya. Siapa yang mengobati masyarakat,”tutur politisi dari Fraksi Gerindra ini.

“Kalau kepala daerah dia harus juga memberi contoh,”Mangunsidi menambahkan.

Diketahui Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel telah menerima 30 ribu Vaksin Sinovac Covid-19 dari pemerintah pusat, yang saat ini disimpan di Kantor Dinas Kesehatan Sulsel.

Provinsi Sulsel mendapat jatah vaksin sebanyak 66.640, untuk tahap pertama pemerintah pusat mengirim 30.000 vaksin yang ada saat ini. Sisanya 36.640 akan menyusul tahap kedua.

Sebelumnya,Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, meminta Dinas Kesehatan Sulsel untuk menyiapkan data klinis masyarakat Sulsel. Vaksin tersebut akan diprioritaskan bagi 59.127 tenaga kesehatan (nakes) di Sulsel.

“Tidak sembarangan orang untuk divaksin. Ada beberapa kriteria. Kita dahulukan tenaga kesehatan sesuai arahan Bapak Presiden,” kata Nurdin Abdullah.

Nurdin menambahkan, vaksin akan dimulai Februari. Pertama yang divaksin adalah tenaga kesehatan, sebab tenaga medis menjadi garda terdepan menghadapi Covid-19.

Hal berdasarkan penyampaian Presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo, agar mempercepat proses data klinis masyarakat agar dilakukan suntik vaksin.

“Harapan Bapak Presiden, tahun ini vaksin dijalankan, dan kita harus bergerak lebih cepat. Oleh karena itu, saya harap bisa betul-betul mempersiapkan diri terutama tenaga kesehatan,”katanya.