Imunisasi Faktor Penting Pendukung Tumbuh Kembang Anak

dokter spesialis anak Siloam Hospital Dr Sjully Mamahit, SpA Mkes.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Selain nutrisi dan pemenuhan gizi yang baik selama 1000 hari pertama kehidupan, pemberian imunisasi juga dapat menjadi faktor pendukung kemampuan anak untuk tumbuh lebih baik. 

Karena itu, orangtua tidak boleh melewatkan untuk mengantar anaknya ke fasilitas kesehatan.

Demikian dikatakan, dokter spesialis anak Siloam Hospital Dr Sjully Mamahit, SpA Mkes, CIMI disela-sela Seminar Awam Tumbuh Kembang Anak dan Manfaat Vaksinasi, di Function Room lantai 8 Siloam Hospital Makassar, Sabtu 27 Juli 2019.

Salah satu manfaat vaksin kata Dr Sjully adalah mencegah penyebaran penyakit, terutama pemberian Vaksinasi dan imunisasi dasar di usia 0-11 bulan.

” Saya berharap kegiatan ini bisa mengeduksi orangtua pentingnya memperhatikan tumbuh kembang anak, sehingga anak-anak kita sehat dan menjadi penerus bangsa,” ujarnya.

Selain itu, dijelaskan pula tentang ranah perkembangan mulai motorik kasar, motorik halus, perkembangan bicara reseptif dan
ekspresif.

Menurutnya, masing-masing umur memiliki perkembangan motorik berbeda.

” Ranah perkembangan motorik kasar yaitu ketika umur 2 bulan sudah mulai angkat kepala, dan di umur 4-5 bulan mulai tengkurap, dan mempertahankan kepala dalam posisi tengkurap di umur 6-7,” paparnya.

Sementara, ranah perkembangan motorik halus menyangkut gerakan yang lebih halus. Dimana di usia 4-6 sudah bisa meraih, menggenggam dan memindahkan benda, di usia 7-9 manipulasi benda dan sudah bisa mencerna.

Namun bukan hanya perkembangan motorik, Dr Sjully juga menjelaskan terkait keterlambatan perkembangan motorik.

” Salah satu contoh keterlambatan perkembangan motorik halus, belum dapat memegang benda pada usia 4 bulan, tangan tetap terkepal erat sampai 4-5 bulan dan Pincer grasp belum ada sampai umur 1 tahun.

Sementara itu, Head Marketing and Communication Siloam Hospital Makassar, Asrini mengatakan, seminar ini dilakukan dalam rangka untuk memeriahkan Hari Anak Nasional (HAN) 2019.

“Jadi dalam rangka HAN 2019 ini, Siloam Hospitals Makassar maupun group menggelar sejumlah acara. Bukan hanya seminar awam saja, tetapi, Siloam Hospital Makassar menggelar Story Telling Competition dan lainnya,” terangnya.(****)