Ingin Tetap Sehat di Musim Hujan, Ini Tipsnya!

ilustrasi. (foto: ist)

ilustrasi. (foto: ist)

DJOURNALIST.com – Musim hujan yang kini melanda sejumlah daerah di Indonesia membuat kondisi kesehatan terganggu. Apalagi daya tahan tubuh yang tidak seimbang memudahkan penyakit menjangkit masuk kedalam tubuh.

Pada periode inilah, genangan air makin menumpuk sehingga menarik perhatian nyamuk. Kuman pun cenderung bertahan lebih lama pada kondisi lembap, dan menjadi lebih giat lagi untuk berkembang biak. Tak heran bila penyakit seperti infeksi flu dan kulit makin merajalela di musim hujan.

Belum lagi jika banjir melanda. Kondisi ini dapat mengundang banyak penyakit, antara lain demam tifoid, kolera, leptospirosis, malaria, dan dengue. Nah, agar tak jadi korban cuaca, Anda harus mempersiapkan diri dengan lima hal berikut selama musim hujan, seperti dilansir laman klik dokter.

1. Jaga pola makan
Setuju tidak? Mi rebus, bakso, dan tongseng akan terasa lebih enak jika dinikmati saat hujan. Sesekali mungkin tak apa, tapi kalau hampir setiap hari tentu bisa merugikan kesehatan.
Agar tubuh tetap fit selama musim hujan, pastikan untuk selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Selain itu, hindari dulu makanan pinggir jalan favorit Anda. Pada musim hujan, jalanan penuh dengan air sehingga meningkatkan kemungkinan kuman masuk ke dalam makanan.
O, ya, satu lagi: minum yang hangat-hangat, seperti teh hangat, juga berguna untuk mencegah dingin dan batuk saat musim hujan. Anda dapat menambahkan bunga kering atau daun kamomil untuk cita rasa yang berbeda.

2. Olahraga
“Enakan bergelung di bawah selimut daripada olahraga,” demikian kata Anda dalam hati. Tak perlu merasa bersalah. Hampir semua orang memang jadi mager alias malas bergerak saat hujan datang. Apalagi kalau cuaca betul-betul sedang gloomy, hati pun jadi ikut melankolis.
Namun, tahukah Anda, berolahraga pada musim hujan justru akan membuat suasana hati lebih baik? Beraktivitas fisik akan memberikan vitalitas dan meningkatkan endorfin sehingga mood lebih positif. Jika Anda sedang malas ke gym, treadmill atau yoga di depan TV di rumah juga bisa dilakukan. Yang penting, tetaplah bergerak aktif!

3. Tidur cukup
Tidur adalah salah satu solusi praktis (meski sementara) untuk berbagai masalah hidup. Tak terkecuali untuk persoalan hujan yang mengacaukan jadwal kegiatan Anda. Daripada mengeluh di media sosial, lebih baik naik ke kasur dan tidur!
Lagi pula, tidur berguna untuk memulihkan seluruh sistem anggota tubuh setelah bekerja keras seharian. Hal ini tentunya penting agar tubuh Anda kebal terhadap virus maupun bakteri.
Untuk beberapa orang, mungkin tak perlu lagi mendengar kiat ini. Karena musim hujan sebetulnya akan membuat sebagian orang mudah mengantuk. Tapi ingat, jangan sampai kebablasan, ya!